Friday, October 26, 2007

Google dan koruptor


Siapa yang tidak mengenal google ? Pertanyaan ini tentunya ditujukan kepada mereka yang mendalami, mengenal atau yang baru mengenal dunia maya. Google merupakan mesin pencari yang populer dan cukup " mumpuni". Seperti yang ditulis Pak Made Andi Arsana dalam bukunya yang berjudul " Mengenal Fitur - Fitur Google ". Banyak yang bisa diperoleh lewat google.

Tapi hari ini saya coba mencari naskah atau dokumen mengenai seorang tokoh di google, dan nama tokoh itu yang saya pakai sebagai kata kunci. Setelah menunggu beberapa saat, muncul naskah yang berkaitan dengan tokoh tersebut. Alangkah terkejutnya saya, naskah yang muncul ternyata lebih banyak menampilkan kasus korupsi yang menyangkut tokoh tersebut ( mungkin terlalu lama menjadi tokoh sehingga dokumennya juga banyak ). Semakin banyak kasus korupsinya, berita korupsinya juga banyak. Sehingga bisa kita nilai sendiri tokoh tersebut dalam kehidupan bermasyarakatnya.

Saya berpikir " Hebat, google bisa jadi mesin pencari seberapa bersih tokoh di negeri ini ?". Bisa dicoba, kalau anda ingin tahu kredibilitas, jenis koruptor atau bukan seorang tokoh, pejabat atau artis, masukkan saja namanya di google.

Hati - hati, buat yang mau jadi koruptor, kalau sudah jadi kasus dijamin nggak gampang menghilangkan dokumen beritanya di dunia maya.

No comments: